Prinsip Perkebunan Organik, Dari Santapan Hingga Lingkungan yang Sehat

Pertanian organik merupakan cara budidaya dengan mengandalkan input dan sarana produksi alami (organik) tanpa menggunakan rekayasa genetik serta segala input luar yang menurunkan kualitas pertanian. Karena selama proses pembibitan sampai pada penanaman menggunakan bahan-bahan non kimia maka produk yang dihasilkan aman bagi kesehatan serta tidak merusak lingkungan.

Perkebunan di Agrowisata Amanah menerapkan prinsip organik ini. Kami menyadari begitu banyak manfaat yang didapat dari perkebunan organik. Berikut beberapa manfaat prinsip organik:

Dari segi Kesehatan
Menghasilkan makanan yang aman dan bergizi sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat.
Menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, karena pertanian organik tidak menggunakan bahan kimia sintetis.

Dari segi Lingkungan
Kualitas Tanah
Menjaga sifat fisik, kimia dan biologi tanah yang baik merupakan hal penting dalam pertanian organik. Untuk itu dalam pertanian organik diutamakan cara pengelolaan tanah yang meminimalkan erosi, meningkatkan kandungan bahan organik tanah serta mendorong kuantitas dan diversitas biologi tanah.

Penghematan Energi
Hasil studi menunjukkan bahwa sistem produksi organik hanya menggunakan 50-80 % energi untuk setiap komoditas pangan yang dihasilkan.

Kualitas Air
Penjagaan kualitas air merupakan upaya yang sangat penting dalam sistem pertanian organik (sustainable agriculture system). Pada pertanian organik, sumber air dijaga dengan menghindari praktek pertanian yang menyebabkan erosi tanah dan pencucian nutrisi, serta pencemaran air akibat penggunaan bahan kimia.

Kualitas Udara
Pertanian organik terbukti mampu meminimalisir perubahan iklim global karena emisi gas rumah kaca (greenhouse gas emission) pada pertanian organik lebih rendah. Pertanian organik juga tidak menggunakan pupuk sintetis sehingga tidak ada emisi nitrogen oksida dari pupuk buatan tersebut.

Pengelolaan Limbah
Pertanian organik mengurangi jumlah limbah melalui daur ulang limbah menjadi pupuk organik. Kotoran ternak, jerami dan limbah pertanian lainnya yang selama ini dianggap limbah, justru menjadi bahan yang mempunyai nilai sebagai sumber nutrisi dan bahan organik bagi pertanian organik.

Keanekaragaman Hayati
Pertanian organik mampu menciptakan keanekaragaman hayati. Praktek seperti rotasi pertanaman, tumpang sari serta pengolahan tanah konservasi merupakan hal-hal yang mampu meningkatkan keanekaragaman hayati dengan menyediakan habitat yang sehat untuk banyak spesies.

Oleh sebab beberapa alasan diatas, kami percaya Agrowisata Amanah menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk bersantai dan melakukan aktivitas lainnya.

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>