Belajar di Alam Terbuka Bersama Agrowisata Amanah

SMAN 1 NGLAMES MADIUN (1)Kegiatan belajar di alam terbuka seperti outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.

Pengalaman dalam kegiatan outbound memberikan masukan yang positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang. Pengalaman itu mulai dari pembentukan kelompok. Kemudian setiap kelompok akan menghadapi bagaimana cara berkerja sama. Bersama-sama mengambil keputusan dan keberanian untuk mengambil risiko. Setiap kelompok akan meng-hadapi tantangan dalam memikul tanggung yang harus dilalui.

Tujuan outbound secara umum untuk menumbuhkan rasa percaya dalam diri guna memberikan proses terapi diri (mereka yang berkelainan) dalam berkomunikasi, dan menimbulkan adanya saling pengertian, sehingga terciptanya saling percaya antar sesama.

Tujuan outbound menurut Adrianus dan Yufiarti, dalam jurnal Memupuk Karakter Siswa melalui Kegiatan Outbound (2006: 42) adalah untuk:

  1. mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri siswa;
  2. berekspresi sesuai dengan caranya sendiri yang masih dapat diterima lingkungan;
  3. mengetahui dan memahami perasaan, pendapat orang lain dan menghargai perbedaan;
  4. membangkitkan semangat dan motivasi untuk terus terlibat dalam kegiatan-kegiatan;
  5. lebih mandiri dan bertindak sesuai dengan keinginan;
  6. lebih empati dan sensitif dengan perasaan orang lain;
  7. mampu berkomunikasi dengan baik;
  8. mengetahui cara belajar yang efektif dan kreatif;
  9. memberikan pemahaman terhadap sesuatu tentang pentingnya karakter yang baik;
  10. menanamkan nilai-nilai yang positif sehingga terbentuk karakter siswa sekolah dasar melalui berbagai contoh nyata dalam pengalaman hidup;
  11. mengembangkan kualitas hidup
  12. siswa yang berkarakter
  13. menerapkan dan memberi contoh karakter yang baik kepada lingkungan.

Sumber : kakakrom.blogspot.co.id

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>