Tips Packing Efisien Sebelum Berlibur di Agrowisata Amanah
Image: experienceketchikan.com
Image: experienceketchikan.com

Saat anda memutuskan tempat wisata untuk dikunjungi saat berlibur, tentunya anda sudah membayangkan sederet gaya modis agar bisa share foto di media sosial. Namaun biasanya kita dihadapkan dengan permasalahan koper yang terbatas dengan segudang barang yang ingin kita bawa. Nah ternyata berkemas juga ada triknya. Sebelum anda packing lakukan hal-hal berikut:

Pilih koper yang tepat

Tentukan jenis koper yang tepat sesuai dengan detinasi dan tema perjalanan anda. Koper dengan bahan kaku lebih kuat dan tahn banting untuk perjalanan jauh, terutama jika anda naik pesawat dan harus transit berkali-kali. namun koper ini cenderung lebih berat sehingga mengambil kuota bagasi yang anda punya.

Koper berbahan kain atau backpack cenderung lebih ringan dan lentur. Anda akan memiliki ruang lebih untuk membawa barang lebih banyak. namun koper kain cenderung lebih rentan dan kurang memberikan perlindungan maksimal. Atasi dengan membungkus barang bawaan anda menggunakan plastik untuk melindunginya dari air hujan. Agar lebih aman sediakan gembok dan bungkus dengan plastik atau sabuk pengaman koper.

Cari informasi tentang destinasi liburan anda

Sebelum menentukan baju yang dibawa, cari informasi ramalan cuaca di tempat destinasi liburan anda dan aturan berpakaian penduduk setempat. ada beberapa tempat yang mengharuskan anda berpakaian tertutup.

Supaya kegiatan berkemas menjadi lebih mudah dan efisien, simak cara jitu menyusun pakaian kedalam koper berikut ini.

Baju

Sesuaikan baju dengan durasi libur dan atur padu padannya sesuai dengan kegiatan. Bawalah baju dengan siluet yang bervariasi. tempatkan baju yang akan anda pakai di hari terakhir didasar koper sehingga koper tidak acak-acakan pada saat anda mengambil baju. Jika tempat menginap anda memiliki jasa loundry, pakaian yang dibawa bisa lebih sedikit. buatlah checklist baju apa saja yang harus dibawa.

1. Pakaian dalam

Masukkan pakaian dalam di tas kecil atau kantong di bagian pintu koper agar tetap bersih. Gulung celana dalam dan tata secara berjajar.

2. Blus dan kaus

Agar lebih hemat, lipat blus sesuai garis jahitannya dan gulung. cara ini bisa menghemat banyak tempat dan mengurangi kerutan. Penuhi area kosong disekitar sepatu dengan gulungan kaus.

3. Celana dan jeans

Celana formal, jeans, legging juga dilipat dengan cara digulung. Lipat dahulu menjadi dua bagian, lalu gulung. Pisahkan anatara gulungan blus dan celana.

4. Rok

bagi pecinta gaya girly, fashion item bisa memberi sentuhan gaya pada tampilan anda. Lipat menjadi 2 atau 3 bagian lebar rok, lalu lipat menjadi 2. Letakkan di atas gulungan kaus.

5. Gaun

Bila anda membawa gaun pendek, lipat menjadi 2 dan letakkan bersama rok dan jaket, lipat menjadi 3 bagian.

6. Jaket

Lipat jaket atau blazer ke arah belakang, lalu lipat horizontal menjadi 2 bagian. Walau masih berkerut di bagian leher, cara ini menjaga bagian depannya tetap mulus.

7. Kemeja

Jika anda membawa kemeja rapi, cukup melipat kemeja anda menjadi bentuk persegi dengan kerah dilipat. susun diatas semua baju dan pouch agar kemeja tidak berkerut dan berubah bentuk.

Sepatu

Tempatkan sepatu didasar koper. Masukkan sepatu kedalam kantong plastik atau ziplock terlebih dahulu agar tidak mengotori baju. karena memakan banyak ruang, berdayakan rongga dalam sepatu sebagai tempat menyimpan benda-benda kecil seperti kaus kaki dan ikat pinggang.

Aksesories

Untuk syal/scarf, gulung dan tempatkan diarea yang masih kosong. Syal berbahan tebal dan berwarna netral wajib dibawa untuk bepergian ke daerah dingin. Jika ingin menghemat tempat, pakai scarf sebagai bandana atau aksesories pada tas anda.

Topi juga perlu dibawa untuk menyiasati bad hair daysaat tidak sempat menata rambut. Letakkan topi diatas susunan baju atau dilaci luar koper agar mudah dijangkau. Jika anda bepergian ke tempat beriklim dingin bawa sarung tangan berbahan kulit dan ear muff.

Elektronik

Pastikan baterai handphone, laptop dan kamera sudah terisi penuh sebelum berangkat. Letakkan perangkat charger atau power bank diatas tangan atau saku koper kabin yang mudah dibuka. Agar lebih ringkas, bawa multicharger yang yang memiliki kabel untuk semua jenis elektronik anda. Jangan lupa membawa adaptor kabel.

Obat-obatan

Bawa obat-obatan secukupnya, seperti obat sakit perut, tetes mata dan lain-lain yang aanda perlukan. sediakan juga plester luka, minyak gosok, obat demam dan gel peregang otot jika terjadi luka-luka kecil atau pegal setelah perjalanan seharian. Cream sunblock juga penting dibawa terutama jika anda hendak berlibur ke tempat-tempat terbuka seperti pantai.

Dokumen penting

Simpan surat-surat didalam tas kecil. Hindari menyimpan semua dokumen berharga dan uang disatu tas yang sama. tempatkan paspor, KTP, itinerary didalam tas paspor, beserta bukti pemesanan hotel. bawa fotokopi paspor dan kartu identitas dan tempatkan di koper sebagai cadangan. jangan lupa simpan juga uang cadangan untuk berjaga-jaga. Pilih tas paspor berukuran kecil dengan warna mencolok agar praktis dan mudah ditemukan. (source)

 

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Working Hours : Senin – Ahad : 07.00 – 17.00
Option waktu kedatangan jam 8pagi – 6malam

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>