TIPS MAIN TARIK TAMBANG DI ATAS AIR DI AGROWISATA AMANAH

Siapa tidak kenal permainan tarik tambang? Lomba ini biasanya populer untuk memperingati hari kemerdekaan RI.

Di Agrowisata Amanah, lomba ini bisa dilakukan di air lho!

Apa saja yang harus diperhatikan supaya bisa memenangkan lomba tarik tambang di air? Berikut tips yang diambil dari WikiHow.

1. Maksimalkan Kekuatan Tim

Anda harus memosisikan orang terkuat pada bagian belakang agar ia bisa menggunakan potensi kekuatannya dengan optimal dan kemungkinan ia tergelincir pun lebih kecil. Beberapa orang lebih memilih untuk memosisikan orang terkuat pada bagian depan; masalahnya adalah kemungkinan orang pada bagian depan untuk tergelincir sangatlah tinggi, dan bila ia tergelincir, maka timnya akan langsung kehilangan kendali permainan. Anda bisa memosisikan satu pemain terkuat di bagian belakang dan satu di bagian depan. Pada umumnya, Anda harus memosisikan pemain terkuat dan terlemah dengan selang seling agar kekuatan pada tim Anda lebih stabil.

  • Bila pada ujung tali terdapat simpul untuk mengikat tubuh pemain, maka pilihlah pemain terkuat dalam tim Anda untuk berada dalam simpul tersebut.

2. Posisikan Diri Dengan Benar

Jangan pernah membelitkan tali tambang pada tangan ataupun pergelangan Anda. Hal ini dapat membahayakan Anda dan mungkin dapat menyebabkan patah tulang atau keseleo. Pegang tali dengan tangan menghadap ke arah bawah dan luruskan tangan sebisa mungkin agar Anda bisa mencondongkan punggung ke arah belakang dengan efektif. Ingatlah bahwa untuk memenangkan permainan, Anda tidak benar-benar menarik tambang dengan tangan Anda; Anda harus mendorong tanah dengan kaki sambil mencengkeram tali menggunakan tangan Anda. Jangan pernah berharap untuk menang bila Anda hanya menggunakan kekuatan tangan untuk menarik tambang, karena memusatkan tenaga untuk menarik tambang dengan kedua tangan Anda akan sangat menguras tenaga.

  • Tetap jaga posisi lurus pada tangan dan tubuh Anda sambil mencondongkan bagian atas tubuh Anda ke arah belakang. Fungsikan kedua kaki Anda sebagai jangkar dengan memasukkan kaki ke dalam tanah. Lakukan hal ini seakan-akan Anda sedang duduk pada kursi yang sandarannya benar-benar diturunkan.
  • Buka kedua kaki Anda sedikit lebih lebar daripada bahu Anda.
  • Masing-masing anggota Anda akan diposisikan pada salah satu sisi tali tambang, dengan kedua tangan memegang erat tali tambang pada kedua sisinya.

3. Mundur Dengan Langkah Kecil

Semua anggota harus bergerak mundur dengan langkah yang sangat kecil agar Anda tetap bisa menahan tali tambang menggunakan kekuatan otot paha. Bila Anda mengambil langkah yang besar, Anda mungkin akan terjatuh atau tersandung. Bila Anda merasa bahwa tim Anda sudah mulai mendominasi permainan, Anda bisa mencoba untuk berjalan mundur secara menyamping secara perlahan, dan dada menghadap ke sisi lain tali tambang.

4. Lakukan Dorongan Mundur Menggunakan Kaki Sebisa Mungkin

Menangkan permainan ini dengan menggunakan kekuatan otot kaki; kedua tangan Anda harus tetap bertahan pada posisi dan mencengkeram tali dengan kuat; jangan menghabiskan tenaga Anda dengan mencoba untuk menarik tali tambang menggunakan tangan Anda atau Anda akan kehabisan tenaga dan mungkin akan melepaskan cengkeraman pada tali tambang. Sambil mundur dengan perlahan, putar sedikit bahu Anda ke belakang bersamaan dengan usaha kaki dan tangan Anda untuk menarik tambang. Pastikan bahwa Anda selalu bertahan pada posisi seperti duduk di “bangku dengan sandaran yang diturunkan” , dan pastikan juga kaki dan tubuh Anda selalu berada di posisi lebih depan daripada kedua tangan Anda. Posisi dengan tubuh dan kaki di belakang kedua tangan akan menyulitkan Anda untuk mendapatkan kekuatan untuk menarik tambang.

5. Bekerja Sama

Semua anggota harus menarik tali secara bersamaan. Dengan begitu, maka tim Anda dapat menarik tali tambang dengan kekuatan maksimal. Seperti dalam lomba perahu naga, tim yang baik adalah tim yang bisa mendayung dan mengoordinasi gerakan dalam tim secara kompak sehingga dapat mencapai tujuan dengan cepat dan mudah.

6. Terus Berlatih

Dibutuhkan latihan bagi tim Anda untuk mendapatkan irama yang pas dalam melakukan tarik tambang. Dengan sering berlatih, tim Anda akan mengasah koordinasi dan menemukan susunan anggota yang paling tepat untuk mencapai potensi maksimal yang dimiliki oleh tim Anda. Anda mungkin akan merasa kesulitan di awal mencoba permainan ini; tapi setelah Anda mampu bekerja sama dengan tim Anda dan menguasai teknik permainan ini dengan baik, maka tidak akan sulit bagi Anda untuk memenangkan permainan!

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Working Hours : Senin – Ahad : 07.00 – 17.00
Option waktu kedatangan jam 8pagi – 6malam

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>