Tips Agar Anak Senang Masak

Ada banyak manfaat seseorang mengajarkan anak memasak. Pertama, anak akan memahami matematika dasar melalui menimbang takaran bahan-bahan masakan. Kedua, memasak mengajarkan anak untuk sabar, sebab memasak tidak bisa dilakukan secara terburu-buru agar bisa menikmati makanan yang enak. Kemudian, memasak juga mengajarkan anak tentang nilai uang, sebab dengan memasak akan jauh lebih hemat ketimbang makan di luar.

Memasak bersama anak Anda adalah kesempatan yang bagus untuk membicarakan tentang bahan-bahan makanan apa saja yang menyehatkan dan tidak menyehatkan untuk tubuh serta teknik memasak seperti apa yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengajarkan memasak pada anak memang bukanlah perkara yang mudah. Berikut beberapa tips agar anak senang memasak seperti yang dilansir oleh bbcgoodfood.com.

1. Sesuaikan Usia Anak dengan Kemampuannya

Anda harus memperhatikan dan mengenali apa yang mampu mereka lakukan. Akan banyak kegiatan untuk anak di tiap usianya, misalnya mencuci sayuran dan wadah plastik di wastafel (terkadang akan berakhir dengan bermain air) atau menugaskan anak untuk memotong dan memasak (khusus untuk yang sudah besar).

2. Buat Perencanaan Makanan Apa yang Akan Dimasak

Ajak anak untuk memilih resep makanan yang ia sukai. Pastikan juga resep tersebut melibatkan anak untuk melakukan banyak kegiatan saat memasak nanti. Bila perlu, Anda juga libatkan anak untuk mempersiapkan semua bahan-bahan dan juga alat-alat untuk memasak. Jangan lupa untuk mencuci tangan serta memakai celemek sebelum memulai memasak.

3. Biarkan Anak Membuat Kehebohan dan Kekacauan di Dapur

Anak akan senang belajar masak jika Anda juga senang memasak dengan mereka di dapur. Bila perlu, ajak anak Anda bernyanyi dan menari agar anak tidak merasa bosan di dapur. Anda juga bisa mencoba untuk memberikan mereka colekan adonan atau membuat kreasi boneka dengan menggunakan bahan-bahan masakan.

4. Kesempatan Untuk Mengajarkan Anak Serba Serbi Memasak

Saat memasak, Anda bisa membagikan pengalaman Anda saat pertama kali Anda mulai memasak, lalu Anda juga bisa mengajarkan anak tentang bahan-bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Anda juga bisa menceritakan asal mula bahan-bahan tersebut dibuat, atau kegunaan alat-alat masakan, dan juga mengajarkan menghitung melalui timbangan. [sumber]

Kalau Anda ingin anak-anak dilatih memasak, bisa juga lho datang ke Agrowisata Amanah. Kami juga menyediakan dapur supaya anak dapat bereksperimen dengan masakan-masakan di sini.

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>