Outbound untuk Pelatihan Manajemen

Bila kita simak dengan seksama maka manajemen adalah suatu metode, cara, atau proses dalam mencapai suatu tujuan yang menjadi target. Metode, cara, atau proses tersebut dilakukan dengan sistematis dan efektif melalui tindakan-tindakan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), dan pengawasan (controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif (tepat sasaran) dan efisien (tepat waktu).

Untuk tetap dapat mengoptimalkan fungsi dan POAC tadi, maka sebuah manajemen harus secara rutin dan berkelanjutan mengadakan pelatihan. Pelatihan bagi sebuah manajemen tidak ubahnya sebuah tim sepakbola atau tim-tim olahraga lainnya yang bersifat profesional. Agar para anggota tim tersebut tetap memiliki prestasi maka tim tersebut harus senantiasa berlatih. Begitu juga dengan manajemen pada sebuah perusahaan secara periodik manajemen tersebut harus pula mengadakan pelatihan-pelatihan manajemen. Baik dalam bentuk workshop, seminar, penataran, atau bahkan kini melalui kegiatan outbound.

Kegiatan outbound identik dengan kegiatan manajemen, maka kegiatan outbound tidak terlepas dari prinsip-prinsip manajemen, yaitu POAC. Untuk menyelenggarakan sehuah kegiatan outbound diperlukan sebuah perencanaan yang matang, pengorganisasian yang solid, pelaksanaan yang sistematis, serta pengawasan yang berkesinambungan. Jadi jelas, outbound dapat digunakan sehagai cara untuk pelatihan manajemen (management training) karena memiliki persamaan prinsip.

[Diambil dari Panduan Outbound 1: Low Impact Games oleh A. Esnoe Sanoesi]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>