Outbound sebagai Test Case

Outbound bertujuan sebagai sebuah tes awal bagi sekelompok orang yang akan ditempatkan di sebuah lembaga baru atau lembaga yang lebih tinggi tingkatannya. Sebagai contoh: pre-test atau test case dilakukan untuk perekrutan karyawan baru atau untuk promosi jabatan baru bagi karyawan yang dianggap berprestasi. Dalam kegiatan ini tidak jarang para psikolog ikut dilibatkan dalam menentukan hasil akhir dari pre-test tersebut. Walaupun sebenarnya hasil yang didapat dari tiap-tiap menyelesaikan permainan yang disediakan dapat pula dijadikan indikator keberhasilan tanpa perlu keterlibatan psikolog.

Dalam kegiatan pre test ini, outbound tampaknya akan lebih unggul bila dibandingkan dengan psikotes karena penilaian yang didapat dari outbound adalah penilaian perilaku di lapangan, yang didapat dari hasil praktek pada tiap-tiap permainan yang telah dilakukan oleh orang yang sedang melakukan pre-test. Jadi berbeda dengan hasil psikotes yang didapat dari jawaban baik lisan maupun tertulis.

[Diambil dari Panduan Outbound 1: Low Impact Games oleh A. Esnoe Sanoesi]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>