Outbond sebagai Media Alternatif

Mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas bukanlah hal yang mudah dan murah. Banyak usaha yang diarahkan ke sana, baik melalui pendidikan formal di bangku kuliah, kursus, pelatihan sumber daya manusia, atau kegiatan lainnya. Semua itu dilakukan dengan satu tujuan, yaitu bagaimana menciptakan manusia yang terlibat di sebuah usaha menjadi sumber daya yang memiliki kualitas tinggi dan berpotensi untuk mengolah keempat sumber daya lainnya sehingga goal target yang menjadi acuan dapat dicapai sebagaimana mestinya.

Banyak cara yang ditempuh orang untuk mengarah ke sana, begitu juga dengan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Tidak hanya melalui pendidikan formal, kursus, atau penataran saja. Saat ini kegiatan outbound menjadi salah satu pilihan, karena outbound pun memiliki salah satu tujuan yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Bila kita amati dengan seksama, maka akan tampak bahwa tidak ada sebuah kegiatan yang menggunakan mobilitas fisik yang tinggi sebagai media untuk pencapaiannya, yang berkembang begitu cepat dan populer di negara kita, kecuali outbound. Hanya dalam hitungan beberapa tahun saja, outbound telah berhasil menjadi sebuah media alternatif untuk membangun sumber daya manusia. Tidak sedikit, baik perorangan, lembaga, atau perusahaan yang mengambil kegiatan outbound sebagai sebuah alternatif untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya.

Sebenarnya, jauh sebelum outbound dikenal di Indonesia, banyak permainan yang dilakukan dalam outbound sudah sering dilakukan oleh masyarakat. Contohnya, flying fox oleh anggota TNI, polisi, resimen mahasiswa, pramuka, dan kelompok-kelompok pencinta alam. Permainan itu merupakan salah satu jenis latihan yang sering dilakukan, hanya saja ketika itu mereka mengenal flying fox dengan sebutan meluncur.

Meluncur pada masa lalu semata-mata dilakukan untuk sebuah latihan dari sekelompok orang yang terlatih dan memang sudah terbiasa melakukan kegiatan tersebut. Sedangkan para profesional atau karyawan yang bekerja kantoran, anak-anak sekolah, ibu-ibu, apalagi anak TK belum melakukannya. Itulah kelebihan dari outbound yang dapat dengan sekejap mengubah semua kegiatan yang tidak pernah dilakukan oleh orang awam tiba-tiba kegiatan tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja yang mengikuti outbound. Flying fox merupakan primadona dalam kegiatan outbound. Saat ini banyak kompleks perumahan mewah yang menyediakan flying fox sebagai daya tarik penjualannya.

[Diambil dari Panduan Outbound 1: Low Impact Games oleh A. Esnoe Sanoesi]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>