Mengenal Markisa Besar atau Markisa Jumbo

Markisa Besar atau Markisa Jumbo. Tanaman ini sudah lama hidup di Indonesia, namun belakangan ini dah mulai langka. Alhamdulillah sekarang telah banyak masyarakat yang peduli akan tanaman, dan makin banyak yang menana markisa besar. Baiklah tidak panjang lebar, mari kita simak bersama.

Markisa Besar atau Markisa Jumbo yang juga disebut giant markisa spesies Passiflora quadrangularis L dan berasal dari Brazilia, Argentina, Paraguay.

Klasifikasi Markisa Besar

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Bangsa : Parietales
  • Suku : Passifloraceae
  • Marga : Passitlora
  • Jenis/Spesies : Passiflora quadrangularis L., Granadilla buto

Nama Umum/dagang : Markisa

Nama daerah

Sumatera : Rubis (Palembang), Balewa (Melayu)

Jawa : Markusa (Sunda), Markisa (Jawa)

Di luar negeri sering disebur Giant Markisa, granadilla Buto

Bentuk Daun dan sulur Markisa Besar atau Markisa Jumbo

Markisa Besar atau Markisa Jumbo termasuk tanaman semak hidupnya menjalar panjang kuang lebih 10 m.

  • Batang : Markisa mempunyai batang kecil, langsing, dan panjang sekali, bentuk persegi, semu, lunak, halus, warna hijau kecoklatan. Batangnya merambat dengan bantuan sulur berbentuk pilin (spiral).
  • Daun : Tunggal, lonjong, tersebar, panjang 7-20cm, lebar 5-15cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal membulat, pertulangan menyirip, permukaan licin, tangkal persegi, panjang 2-6cm, dan berwarna hijau.
  • Bunga: Bunga tunggal, bulat berbentuk mangkok, berkelamin dua(hermafrodit) dan menempel di ketiak daun, tangkal bergerigi, panjang 3-4cm hijau, mahkota berbentuk lonjong, permukaannya beralur, warna ungu, benang sari bertangkai, bentuk tabung, panjang ± 6cm warna ungu, kepala sari silindris, panjang ± 6cm warna putih, putiknya pendek warna kuning dengan kelopak bunga berbntuk lonjong warna hijau. beraroma khas harum. Semua jenis markisa (Passiflora) termasuk penyerbuk silang dengan bantuan lebah madu.penyerbukan sendiri masih dapat berlangsung baik.Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, biasanya penyerbukan di lakukan oleh manusia seperti halnya penyerbukan pada tanaman vanily.
  • Buah: Bakal buah Markisa Besar atau Markisa Jumbo bentuknya sangat unik semakin besar semakin berubah dan akhirnya berbentuk lonjong. Buah Markisa Besar atau Markisa Jumbo berbentuk lonjong dengan panjang ± 20cm, diameter ± 15 cm berat 3-5 kg warna hijau ke putih putihan.Buah yang sudah masak/ranum berwarna kekuningan dan beraroma khas harum buah markisa.
  • Biji : Bulat pipih panjang ± 0,3 cm, putih
  • Akar : Tunggang warna putih kotor

Kandungan

Buah, biji, dan daun pada tanaman ini mengandung substansi yang tidak stabil, yaitu asam hidrosianat dan laktone. Sementara buah yang masak mengandung Ca, P, Fe.

Manfaat dan Khasiat

Daun Markisa Besar atau Markisa Jumbo/Passiflora quadrangularis L berkhasiat untuk peluruh air seni, kencing nanah, sedangkan buahnya selain untuk sari buah segar (dicampur dengan sirup).juga dimanfaatkan untuk obat penenang juga berkhasiat menghilangkan rasa nyeri (analgesik) dan memperkuat paru.

Beberapa herbalis memanfaatkan seluruh bagian Markisa untuk digunakan sebagai obat dan berkhasiat sebagai anti radang, penenang (sedatif), peluruh kencing (diuretik), serta bersifat membersihkan panas dan racun. Seorang herbalis yang mantan seorang Pendeta di daerah Malang(Perumahan Sawojajar.) malah menggunakan markisa besar untuk pengobatan kanker.

Penyakit yang bisa diobati di antaranya :

  1. Batuk karena paru-paru panas
  2. Radang kelenjar getah bening leher (servikal limfadenitis)
  3. Sulit tidur (insomnia), sering gelisah dan bermimpi buruk
  4. Kelelahan kronis yang abnormal (neurasthenia)
  5. Hipertensi
  6. Bengkak (edema), kencing berlemak (chyluria)
  7. Penyakit kult seperti koreng, skabies, borok (ulcus) pada kaki.

Cara pemakaian :

  • Untuk obat yang diminum : Rebus herba segar sebanyak 5–15 g, lalu minum airnya.
  • Untuk pemakaian luar : Cuci herba segar secukupnya, lalu rebus. Setelah dingin, gunakan airnya untuk mencuci penyakit kulit yang Anda alami. Atau bisa juga dengan menurapkan herba segar yang telah digiling halus ke bagian yang sakit. [sumber]

Markisa besar juga bisa didapatkan di Agrowisata Amanah. Buahnya besar dan menggiurkan!

 

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>