Mengenal Lebih Dekat: Outbound Anak-Anak

Anak yang hidup di kota biasayanya kurang pandai dalam bersosialisasi dengan lingkungan, khususnya bagi anak-anak yang berusia 3 hingga 6 masih memiliki sifat angkuh untuk sekedar bergaul dengan lingkungan sekitarnya. Anak tentu saja harus diupayakan agar mau untuk bekerja sama, berbagi dan menolong. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat bersosialisasi dalam lingkungan masyaratkat ketika dewasa. Metode atau cara yang dilakukan adalah dengan hal yang menarik dan menyenangkan si anak. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan adalah dengan outbound anak.

Outbound untuk anak-anak merupakan aktivitas yang disusun untuk mengembangkan kemampuan anak. Aktivitas outbound ini dilakukan secara outdoor atau di ruang terbuka dengan kondisi yang menyenangkan dan seru sehingga akan mudah untuk diikuti oleh anak. Outbound anak-anak memiliki manfaat untuk kembangkan segala potensi anak agar dapat berperilaku baik dalam kehidupannya sehari-hari. Outbound anak juga bisa menumbuhkan rasa percaya, membuka peluang dengan lingkungan sekitar untuk berinteraksi dan tingkatkan kerja sama, kemudian outbound anak dapat meningkatkan tingkat kemandirian, memberi pengalaman berharga, serta memberi solusi dalam memecahkan suatu permasalahan.selain itu juga dapat menumbuhkan semangat berkreasi dan komunikasi yang benar.

Dalam aktivitas outbound anak-anak terdiri dari aktivitas pengembangan untuk membentuk kerja sama dengan games kelompok. Dalam aktivitas ini juga ada tantangan personal, ceramah, dan berdiskusi dengan bantuan pemandu atau fasilitator. Bagi anak TK telah disediakan peralatan yang mudah didapat di sekolah namun penyedia outbound juga telah meyediakan beberapa perlatan yang menunjang kegiatan outbound tersebut. Ada beberapa langkah dan cara pada kegiatan outbound anak-anak. Pertama kegiatan outbound akan membantu memberi pengalaman. Kemudian merefleksikan pengalamannya dan meciptakan sebuah konsep pemaknaan dari pengalamannya tersebut kemudian yang terakhir adalah proses uji konsep yaitu anak-anak akan diskusi dalam rangka mengetahui seberapa jauh konsep itu dipahami oleh anak-anak.

Jika diikuti dengan intens kegiatan outbound bisa dirasakan faedahnya oleh anak. Maka dari itu anak akan memiliki kapabilitas untuk bersosialisasi tinggi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Ada beberapa orang tua yang masih belum dapat yakin dengan outbound sebagai penyedia alat belajar yang cocok dan baik untuk anak. Orang tua juga sering mengkhawatirkan mengenai keamanan pada saat anak mengikuti aktivitas outbound. Namun dibalik itu semua pada hakikatnya banyak manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak.

[sumber]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>