Mengenal Anak Lebih Dekat dengan Bonding Time Bersama Ayah

Manfaat Bonding Time

Ada banyak hal yang bisa ayah lakukan untuk mengisi bonding time dengan anak, baik itu saat menyediakan waktu setelah seharian bekerja atau saat sedang libur akhir pekan. Dr. Ratna Megawangi, M. Sc., mengatakan bahwa bonding time memang seharusnya dilakukan ayah kepada buah hatinya. Seorang ayah harus menyediakan waktu untuk memperhatikan tumbuh kembang anak karena hal tersebut memiliki beberapa manfaat, seperti membuat ayah lebih dekat dengan anak dan membentuk karakter anak jadi lebih baik.

“Ayah tak boleh terlalu fokus pada pekerjaan hingga membuat mereka lupa untuk berinteraksi dengan anak, sediakanlah selalu waktu untuk mendekatkan diri pada Si Kecil agar kedekatan kalian makin bertambah,” ujar Dr. Ratna.

Menyediakan waktu untuk bonding time dengan anak dirasakan manfaatnya oleh Jeriel Charis, seorang Certified Trainer & Coach yang memiliki dua anak balita. “Manfaat saya menyediakan waktu 20-30 menit sehari untuk bonding time dengan anak sangat terasa sekali. Anak saya jadi lebih akrab dan dekat dengan saya, mereka juga bisa mengekspresikan diri mereka dengan bebas tanpa rasa takut pada ayahnya,” ujar ayah dari Gianina dan Jeconiah ini.

Manfaat bonding time ini juga dirasakan oleh Teddy Miswantara yang sehari-harinya bekerja sebagai Accountant ini. “Yang paling jelas adalah saya merasa sangat dekat secara fisik dan emosional. Saya jadi mengenal karakter masing-masing anak dan jadi tahu bagaimana pendekatan ke masing-masing pribadi yang berbeda. Ternyata, perlu cara yang unik untuk masing-masing karakter mereka,” cerita ayah dari dua anak ini.

Bonding Time = Pembentukan Karakter Anak

Untuk merasakan manfaat kedekatan dengan anak lewat bonding time, ayah tak bisa melakukannya hanya sesekali saja. Karena itu, tiap hari atau tiap minggunya ayah memang harus menyediakan waktu untuk anak. Jeriel menyarankan kepada para ayah agar tak perlu menyulitkan diri ketika mengisi bonding time dengan anak. “Kita bisa menggunakan media-media yang disukai anak kalau anak kita suka musik, kita bisa bernyanyi bareng di rumah. Kalau anak suka jalan-jalan, kita bisa mengajak mereka berkeliling, misalnya naik TransJakarta atau Commuter Line,” kata Jeriel.

Anak yang dekat dengan Sang Ayah dan mau berinteraksi akrab dengan ayah, diakui Jeriel sebagai harta yang tak bisa terbeli. “Saya sangat senang karena anak-anak bisa mengekspresikan diri mereka pada saya. Anak jadi dekat dengan ayahnya, itu yang paling mahal, bahkan nggak bisa terbeli. Saya sangat bahagia saat Gia, anak pertama saya, bilang kalau ia senang liburan walaupun di rumah saja. Katanya senang karena bisa seharian sama Mami Papi,” ungkapnya.

Seperti yang sudah diungkapkan oleh Dr. Ratna Megawangi, M.Sc., bonding time juga membantu membentukan karakter positif anak. “Dalam pembentukan karakter positif anak, ada poin ketika orangtua menjadi contoh dalam berperilaku baik. Karena itu, ayah menjadi berperan sangat penting,” kata Dr. Ratna.

Yoris Sebastian, seorang konsultan kreatif juga menyetujui pernyataan tersebut, “Memang benar bahwa bonding yang kuat dengan ayah bisa membuat anak patuh dan nurut pada orangtua,” katanya.

Selain kedekatan dengan anak dan karakter positif anak yang bisa memancar lewat bonding time, anak-anak juga bisa belajar kasih sayang dari orangtua terutama Sang Ayah. “Yang paling saya rasakan lewat bonding time, setiap hari saya dengan anak adalah mereka jadi bisa mengetahui dan mengerti makna dari kasih sayang yang kita berikan. Dengan perhatian kita, anak jadi mengerti kalau orangtuanya sayang sama mereka. Tak hanya itu, kita sebagai orangtua pun bisa merasakan bahwa anak-anak sayang sama kita,” tutup Teddy. Jadi, tunggu apalagi? Segera ajak Si Ayah untuk menyediakan waktu untuk Si Kecil dan mengisi bonding time dengan kegiatan seru bersama-sama! [sumber]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>