MENGENAL ALAM DI AGROWISATA AMANAH

Alam merupakan ciptaan Tuhan yang mengagungkan. Sehingga alam menjadi tempat belajar menyenangkan. Anak-anak banyak yang tidak pernah melihat di luar dari lingkungannya. Mereka memulai hari mereka setelah sarapan dengan TV, komputer atau ponsel pintar. Anak-anak sekarang banyak yang telah kehilangan hubungan dengan luar. Pengalaman di luar rumah akan memberi anak Anda penghargaan untuk alam, pendidikan informal dalam ilmu alam yang tidak dapat ditiru, dan cinta satwa liar, tanaman dan hal-hal alami.

Agrowisata Amanah menyediakan tempat belajar bersama alam berdasarkan kemampuan siswa. Contohnya menelusuri sungai.

Manfaat mengenal alam antara lain :

  • Membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak
    Alam sangat berperan penting dalam perkembangan anak dalam berbagai aspek seperti intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisik
  • Menumbuhkan kreatifitas anak dan kemampuan memecahkan masalah
    Berdasarkan hasil penelitian terhadap anak-anak yang bermain di halaman sekolah, mereka lebih kreatif ketika bermain di ruang terbuka hijau. Mereka bisa bermain bersama-sama. Bermain di alam sangat penting untuk mengembangkan kreativitas, problem solving, dan pengembangan intelektual.
  • Meningkatkan kemampuan kognitif
    Dekat dengan alam dan bersentuhan langsung dengan alam akan meningkatkan kemampuan anak untuk fokus dan meningkatkan kognitif.
  • Meningkatkan prestasi akademik
    Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, sekolah yang belajar di alam terbuka (outdoor) dan berbagai bentuk pengalaman belajar berbasis alam menunjukan kemajuan siswa di bidang ilmu sosial, sains, seni bahasa, dan matematika. Siswa di bidang sains yang belajar di area terbuka (outdoor) mengalami peningkatan nilai ujian sebesar 27%.
  • Meningkatkan aktivitas fisik
    Anak-anak yang memiliki pengalaman bermain di alam terbuka lebih aktif fisiknya, lebih sadar gizi, lebih bersosialisasi dengan teman lainnya, dan lebih kreatif.
  • Meningkatkan hubungan sosial
    Anak-anak akan lebih pintar, lebih mampu bergaul dengan orang lain, lebih sehat dan bahagia ketika mereka memiliki kesempatan bermain dengan bebas di alam terbuka.
  • Meningkatkan disiplin diri
    Mengakses lahan hijau juga memandang pemandangan nan hijau, menambah kedamaian, kontrol diri dan disiplin dalam diri pemuda kota terutama pada anak perempuan.

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>