Mau Bagi-Bagi Takjil di Jalan? Simak Dulu Tips Berikut

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Berbagai aktivitas kebaikan berlomba-lomba dilaksanakan agar berkah tersebut dapat dirasakan setiap orang.

Salah satu cara mencari berkah yang cukup populer adalah dengan berbagi takjil di jalanan. Takjil dibagikan pada pengendara yang lewat, atau kadang orang-orang lain yang membutuhkan di sekitar spot yang ditentukan.

Agrowisata Amanah sendiri sudah melaksanakan kegiatan tersebut Ahad (27/5) lalu bersama para trainer.

Nah, bagi kamu yang ingin melaksanakan kegiatan khas Ramadhan ini, simak tips yang kami ambil dari trivia.id berikut.

1. Pastikan Lokasi dan Sasaran Penerima Makanan

Sebaiknya kamu memiliki informasi tentang lokasi tujuan kegiatanmu. Kamu harus melakukan survei terlebih dahulu tentang jumlah orang yang ingin kamu beri makanan. Dengan demikian, kamu tidak perlu membawa makanan berlebih yang akan berakhir di tempat sampah. Sebaliknya, kamu juga tidak kekurangan makanan. Hindari dua kelompok yang datang di tempat yang bersamaan agar takjil bisa terbagi rata.

2. Keamanan Nomor Satu

Pastikan semua temanmu mematuhi peraturan lalu lintas. Berikan takjil yang kamu bawa kepada pengendara ketika kendaraan sedang berhenti. Jangan sampai kamu melintas di tengah jalan saat kendaraan berjalan. Kamu tentu tidak ingin hal buruk terjadi selama acara berlangsung, maka pastikan tetap patuhi aturan yang berlaku. Jangan pula bikin macet jalanan.

3. Tentukan Waktu yang Tepat

Pertengahan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat. Kamu sudah terbiasa berpuasa, sehingga tubuh sudah tidak melakukan banyak penyesuaian terhadap kondisi lapar yang melanda. Keinginan untuk berbagi dan berkumpul juga masih tinggi. Di samping itu, pastikan kamu mengatur waktu sedemikian rupa, sehingga kalian sendiri juga masih bisa berbuka sendiri dan shalat magrib tepat waktu. Perkirakan waktu janjian, waktu tempuh dari tempat janjian ke lokasi pembagian makanan, serta setengah hingga satu jam untuk antisipasi keterlambatan.

4. Jangan Memakai Perhiasan Berlebihan

Tentu kamu tidak perlu menggunakan make up yang berlebih ketika membagikan makanan, juga tidak perlu memakai pakaian dan perhiasan berlebihan. Kamu akan melakukan kegiatan amal, bukan pamer kekayaan kepada mereka. Ingat, kamu akan berada di jalan selama acara berlangsung. Jangan sampai penampilanmu menimbulkan niat jahat perampok atau pencopet. Selama membagikan makanan, kamu juga harus mengamankan kendaraan dan barang-barangmu.

5. Luruskan Niatmu untuk Berbagi

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk berbagi kepada yang membutuhkan, dan meraih pahala menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa. Pastikan itu adalah tujuan utama. Kegiatan ini bukan ajang untukmu pamer kekayaan. Meskipun kegiatan ini positif, jangan sampai mengganggu warga yang sedang melintas, apalagi kondisi menjelang magrib tentu para pengendara ingin bergegas sampai di rumah. Jangan sampai niat baikmu kalah oleh keinginanmu untuk pamer yang malah akan menimbulkan keributan.

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>