Manfaat Memanah

Memanah adalah olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW selain berenang dan berkuda. Bukan tanpa alasan Rasulullah menyarankan umatnya untuk belajar olahraga satu ini. Memanah memiliki banyak manfaat, di antaranya dikutip dari situs mojok.co sebagai berikut

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Satu detik sebelum tali busur panah ditarik, pemanah masuk ke dalam ruang hening. Yang ada hanyalah dirinya sendiri, busur, anak panah, dan sasaran. Ia berkonsentrasi penuh, berusaha fokus kepada titik merah di tengah papan sasaran.Untuk menggapai pusat sasaran itu, ia bergulat dengan dirinya sendiri. Mematian semua suara yang mengusik dirinya. Terbiasa membangun konsentrasi dan fokus dengan tujuan tentu memberikan kebaikan bagi kiri di kehidupan sehari-hari.

2. Membangun kesabaran

Ketika seorang pemanah terburu-buru melepas anak panah, ia justru akan gagal menggapai titik merah di pusat papan sasaran. Mengatur napas, mengendurkan ketegangan, lalu memastikan bahwa ia sudah membayar tagihan listrik dan internet bulanan adalah sebuah keharusan. Ketika ketegangan itu hilang, baru anak panah ia lesatkan merobek-robek udara menghampiri sasaran.

3. Baik untuk mata

Dari konsentrasi, lalu fokus dengan satu titik pada sasaran, seorang pemanah bisa melatih otot-otot matanya. Fokus dan konsentrasi pada satu titik dengan jarak yang cukup jauh, yang dilakukan berulang-ulang, akan memperkuat otot mata. Pandangan menjadi lebih tajam ketika melihat benda-benda jauh. Latihan yang teratur akan membantu pemanah terhindar dari rabun jauh dan rabun dekat.

4. Menambah kecerdasan

Olahraga panahan menuntut si pemanah untuk berpikir lebih. Misalnya, si pemanah harus memperkirakan arah berhembusnya angin, baik arah maupun kekuatannya.

Arah lesatan anak panah, biasanya, tidak akan lurus saja. Anak panah akan melesat membentuk lengkungan. Anak panah akan melesat sedikit naik lalu turun dengan ketinggian yang harus bisa diperkirakan. Ada fisika di dalam lesatan anak panah yang disebut archer’s paradox, yaitu fenomena menarik saat panah dilepaskan ke arah kiri atau kanan (keluar dari target) tetapi akan kembali ke arah yang lurus dan mengenai target.

Dengan memahami teori ini, maka Anda akan sedikit lebih cerdas.

5. Olahraga sosial

Olahraga panahan tentu saja diikui oleh banyak orang. Dari pelatih, anak didik, hingga orang tua yang tengah menunggui anak-anak mereka. Oleh sebab itu, terbuka banyak peluang untuk bersosialisasi. Akibatnya, seorang pemanah, biasanya punya kepercayaan diri yang tinggi dan mudah bergaul karena komunikasi yang intens, kecuali ketika ia tengah membidik sasaran.

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>