MANFAAT DEKAT DENGAN ALAM

Saat ini kita lebih sering berkutat dengan menatap layar elektronik, baik itu televisi, komputer/laptop, atau handphone maupun smartphone. Kalau terus-terusan begini, hidup rasanya jadi sempit sekali, karena pemandangan yang kita lihat itu-itu saja. Sesekali cobalah melihat-lihat alam, karena bersentuhan dengan alam memiliki manfaat yang besar bagi diri kita. Apa saja manfaatnya?

1. Menghilangkan Stres

Tinggal di kota memang membuat tingkat stres kita lebih tinggi. Kalau sudah begitu, sebaiknya istirahat sejenak dengan menikmati suasana alam, karena akan mrenenangkan otak dan menjernihkan pikiran. Dekat dengan alam dapat mengurangi hormon stres, mengurangi tekanan darah, ketegangan otot, dan menstabilkan detak jantung. Kita akan merasa lebih rileks dan bahagia.

2. Meningkatkan Kinerja Otak

Lebih dekat dengan alam dapat membantu otak dalam beberapa hal. Berada di alam bebas dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan udara segarnya akan membuat kinerja otak menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Kesehatan Fisik Dan Mempercepat Pemulihan

Berada di bawah terik matahari memang dapat meningkatkan resiko kanker. Tetapi, sinar matahari juga memberi Anda vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, pertumbuhan sel, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Di samping itu, berdasarkan hasil penelitian Roger S. Ulrich, PhD di Universitas Texas A&M, pasien cenderung lebih cepat pulih setelah selesai operasi, menghabiskan waktu rawat inap yang lebih singkat, serta membutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih sedikit ketika jendela kamar pasien mengarah ke pemandangan alam hijau, seperti taman dan pepohonan.

Manusia memang diciptakan untuk mendekatkan diri dengan alam. Ketika mendekatkan diri dengan alam, tubuh kita akan serasa kembali ke ‘rumah’ yang asri dan tenteram.

4. Menurunkan Berat Badan

Di luar rumah, Anda akan lebih terpicu untuk bergerak aktif. Pergi ke dataran tinggi seperti gunung juga membuat berat badan menjadi turun, meskipun hanya pergi berkunjung.

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Psikologi membuktikan bahwa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Setelah otak terasa “segar”, pola pikir positif pun meningkat dan membuat kita bisa lebih menghargai diri sendiri.

6. Mendekatkan Sesama Manusia

Menurut penelitian oleh Kuo dan Coley dalam Laboratorium Penelitian Manusia-Lingkungan, mendekatkan diri dengan alam dapat memperkuat hubungan sesama manusia. Hal ini juga didukung hasil penelitian Universitas Illinois, dimana warga yang tinggal di perumahan yang dikelilingi pepohonan dan padang rumput cenderung lebih saling kenal, akrab, dan peduli antar sesama. Hal itu terjadi karena ketika manusia “dekat” dengan alam, ia akan mengalami peningkatan rasa empati dan kasih sayang.

Berbeda dengan ketika tinggal di daerah kota yang padat, otak akan memberi sinyal takut dan gelisah sehingga membuat kamu menjadi frustrasi dan lebih cuek dengan orang lain.

 

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telephon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Working Hours : Senin – Ahad : 07.00 – 17.00
Option waktu kedatangan jam 8pagi – 6malam

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>