Manfaat Berkuda untuk Kecerdasan Anak di Agrowisata Amanah

sliderb1-300x165

Manfaat berkuda terhadap tumbuh kembang anak menjadi tema yang dicermati oleh para peneliti dari Universitas Pertanian Tokyo, Jepang. Para pakar mengungkap bahwa menunggang kuda dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Studi tersebut menemukan bahwa getaran yang dihasilkan saat menunggang kuda mengaktifkan bagian otak yang disebut sistem saraf simpatik. Hasil penelitian telah diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Public Health.

Para peneliti mencatat efek dari menunggang kuda dengan meminta anak-anak menyelesaikan tes matematika dan respons sederhana sebelum dan sesudah berkuda. Ada peningkatan kemampuan anak dalam melakukan tugas tertentu, tetapi hasilnya kurang signifikan ketika memecahkan soal matematika.

Menurut para ahli, hasil ini berarti bahwa menunggang kuda cenderung berpengaruh pada satu aspek kemampuan kognitif. Dalam hal ini, kecerdasan yang dipengaruhi adalah peningkatan memori dan belajar memecahkan masalah.

Profesor Mitsuaki Ohta selaku penulis studi mengatakan, salah satu ciri penting dari langkah kuda adalah percepatan tiga dimensi saat hewan itu menapak. Ia mengatakan, penelitian membuktikan bahwa pergerakan panggul kuda dapat memberikan masukan motorik dan sensorik ke tubuh manusia.

“Dalam penelitian ini, saya percaya beberapa perbedaan hasil antara para penunggang dipengaruhi percepatan tersebut,” ujar Ohta, dilansir dari laman Yahoo Inggris. (sumber)

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telephon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Working Hours : Senin – Ahad : 07.00 – 17.00
Option waktu kedatangan jam 8pagi – 6malam

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>