Kumpulan Permainan Outbound Sederhana

Kegiatan yang sangat umum dan sekarang menjamur adalah kegiatan permainan outbound. Banyak perusahaan, organisasi masyarakat, dan lembaga pendidikan mulai menggunakan metode manajemen outbound dalam eksplorasi sumber daya manusia personilnya.

Setiap permainan outbound dibuat dengan mempunyai tujuan tertentu, terutama dalam hal meningkatkan kinerja. Permainan ini biasanya dibuat dan dikembangkan melalui berbagai tujuan tertentu, misalnya meningkatakan kerja sama dalam bekerja.

Permainan outbound merupakan salah satu metode yang sesuai untuk meningkatkan personality seseorang, karena melalui permainan tersebut dapat diciptakan suasana santai dan menyenangkan.

Melalui permainan outbound, suasana dapat diciptakan sesuai dengan keinginan. Kegiatan permainan outbound biasanya didesain dalam suasana menegangkan melalui segmen tantangan dan bisa juga melalui suasana rileks.

Permainan yang disajikan dalam outbound memang telah disusun sedemikian rupa, sehingga bukan hanya menggunakan fisik peserta tetapi emosi dan kemampuan berpikir juga harus digunakan.

Berikut ini adalah beberapa kumpulan permainan outbound sederhana yang sering di mainkan pada saat acara Outbound.

Evakuasi Bambu

Pada permainan outbound sederhana evakuasi bambu menggunakan alat bantu berupa bambu, air, tali dan bola pimpong. Sedangkan perturan permainan yang digunakan adalah sebagai berikut:

Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.

Dalam menuangkannya bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan

Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan

Permainan outbound sederhana ini bertujuan untuk melatih kerjasama dengan cara komunikatif dengan fokus pada tahapan, strategi, dan kerjasama.

Wajan Berair

Games ini di lakukan oleh 1 kelompok yang terdiri atas 5-8 orang pemain dengan aturan permainannya adalah sebagai berikut:

Setiap kelompok disiapkan 1 buah wajan, dan di bagian paling depan terdapat sumber air dapat berupa kolam ikan, rawa atau kolam renang.

Pemain terdepan harus mengisi wajan tersebut dengan air dan mengopernya ke pemain kedua tanpa melihat ke belakang sedangkan Wajan harus berada di atas kepala.

Pemain kedua harus terus mengoper wajan sampai kepada pemain terakhir dan di bagian paling belakang ada sebuah ember berisi 14 bola plastik dan pemain paling belakang harus mengisi ember tersebut dengan air yang ada di wajan sampai bola keluar semua.

Kelompok pemenang dalam permainan outbound ini adalah kelompok yang paling cepat mengeluarkan semua bola darai ember.

Blind Walk

Permainan ini bertujuan untuk melatih keseimbangan dari otak peserta dan bagaimana kelompok mengatur strategi dan melatih kedisiplinan serta kerjasama kelompok.

Peraturan permainan outbound sederhana blind walk adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup kecuali ketua kelompok, kemudian mengikuti jalur yang sudah dibuat.

Dengan arahan ketua kelompok yang berjalan paling belakang, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Kelompok yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang.

Pipa Bocor

Permainan outbound sederhana ini menggunakan alat bantu pipa yang sudah di lubangi , penyangga, ember, gelas aqua, bola pimpong. Sedangkan peraturan dalam permainan ini adalah:

Masing-masing kelompok diminta berlomba mengeluarkan bola pimpong yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air.

Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan gelas aqua yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan

Permainan outbound sederhana ini bertujuan agar peserta dapat mengatasi berbagai masalah melalui kerjasama kelompok dengan strategi menyelesaikan masalah melalui sebuah kepemimpinan.

Sapi Panggang

Permainan ini juga dimainkan secara berkelompok dimana setiap kelompok terdiri atas 5 orang dengan aturan permainannya adalah sebagai berikut:

Siapkan 1 buah arena permainan, bentuknya persegi 4 sudut, setiap 1 sudut terdapat 1 buah tiang kayu setinggi kurang lebih 1 meter, tongkat-tongkat tersebut di hubungkan dengan tali

Dalam permainan outbound sederhana ini setiap kelompok terdapat 1 orang bertindak sebagai gembala dan 4 orang lainnya menjadi “sapi”.

Sang gembala tidaj boleh berbicara sedangkan sang sapi tidak boleh melihat. Semua “sapi” dimasukkan ke dalam arena yang ada. Tugas sang gembala adalah mengeluarkan semua “sapi” dari arena tanpa menyentuh tali yang ada dengan menggunakan sandi dari peluit.

Sapi yang terkena tali akan terpanggang dan kalah. Pemenangnya adalah yang paling cepat mengeluarkan semua “sapi” dari arena yang ada. [pondoksalam.co.id]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>