Kalahkan Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami saat dimana Anda takut untuk berbicara di depan umum. Anda merasa tertekan, takut, ingin membatalkan situasi itu atau bahkan kabur dengan memberikan orang lain berbicara. Hal ini biasa dialami oleh orang-orang introvert. Artikel berikut ini akan memberikan Anda tips dan bagaimana agar Anda dapat berbicara layaknya seorang profesional.

Tidak perlu merasa malu akan hal ini

Anda tidak perlu merasa malu karena Anda tidak bisa berbicara di depan umum, tapi Anda juga seharusnya tidak perlu kabur dan takut akan hal ini. Perasaan yang Anda alami dialami oleh banyak orang, bahkan orang-orang profesional yang sudah sering berbicara di depan umum juga pernah merasakan hal ini.

Perbedaan mereka dengan Anda adalah mereka berhasil melewati ‘tembok’ tersebut dengan menghadapinya, sedangkan Anda selalu berusaha menghindari ‘tembok’ tersebut. Tapi justru pada artikel ini akan diajarkan bagaimana melewati ‘tembok’ tersebut dan mengapa Anda tidak perlu takut akan hal itu.

Mengapa Anda harus berani berbicara di depan umum?

Jika sampai saat ini Anda merasa baik-baik saja dengan kemampuan komunikasi Anda dan tidak ada masalah untuk memberikan orang lain kesempatan berbicara, maka pemikiran Anda salah. Hal pertama yang harus Anda sadari pada saat menyaksikan kesuksesan orang-orang terkenal dunia adalah mereka dapat berbicara di depan umum. Dan mereka melakukannya dengan sering.

Walaupun Anda mungkin berhasil menghindari situasi tersebut dengan alasan ataupun memberikan orang lain yang berbiacara, tapi apakah Anda dapat melakukan hal yang sama secara terus menerus? Apakah Anda ingin kabur secara terus menerus? Sadarilah bahwa cara terbaik untuk menghadapi segala ketakutan adalah dengan menghadapinya.

Tips-tips untuk berbicara di depan umum

Berikut ini adalah tips-tips agar Anda dapat menjadi seorang ahli untuk berbicara di depan umum dan menjadi seseorang yang berhasil melewati ‘tembok penghalangnya’.

Hindari membuat sebuah contekan dan dihafalkan (Sangat Tidak Dianjurkan)

Ini adalah cara yang paling sering dilakukan banyak orang tapi juga sebenarnya sangatlah tidak direkomendasikan. Pernahkan Anda menyaksikan seseorang berbicara di depan umum dengan panjang lebar tapi dalam pembicaraannya tersebut tidak ada kesan bahwa ia sedang berkomunikasi dengan kita? Kemudian si orang berikutnya datang dan tiba-tiba saja suasana berubah, Anda terasa bahwa ia memang benar-benar sedang berbicara dengan Anda.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Itu karena dengan membuat sebuah contekan dan menghafalnya Anda seperti memainkan CD pada playernya, itu akan membuat diri Anda kaku dan seperti tidak bernyawa.

Buruknya adalah pada saat Anda lupa dengan apa ingin Anda bicarakan, Anda akan tiba-tiba berhenti berbicara dan mengeluarkan contekan. Ini dapat merusak penilaian orang ke Anda (citra Anda).

Praktekkan skenario dan ulangi secara terus menerus

Salah satu cara yang benar dan baik adalah dengan membayangkan skenario dimana Anda akan berbicara di depan umum dan melatihnya. Buatlah sebuah presentasi PowerPoint hanya dengan satu atau dua poin baris teks per slide, lalu mulailah latihan Anda. Bacalah poin yang Anda tulis lalu jabarkan apa sih yang dimaksud dengan poin tersebut, contohnya itu seperti apa, dan apa hubungan poin tersebut dengan topik yang sedang Anda jelaskan.

Mungkin pada awalnya Anda akan sangat berantakan karena Anda belum tahu secara jelas apa yang ingin Anda bicarakan. Setelah berkali-kali Anda mengulanginya, Anda akan menyadari bahwa tanpa perlu melihat poin yang Anda tulis Anda dapat menjelaskannya karena memang pada dasarnya Anda sudah mengetahui isi dari presentasi Anda.

Anda telah menghafal alur pembicaraan presentasi Anda, tapi sebagaimanapun Anda mengulangi presentasi Anda, pembicaraan Anda pasti tidak seratus persen (100%) sama dengan yang sebelumnya Anda bicarakan. Tenang saja, asalkan poin yang Anda sampaikan itu tidak berbeda Anda sudah benar.

Jadilah orang yang fleksibel

Akan ada saatnya dimana Anda menemukan presentasi yang isinya mungkin tidak Anda mengerti atau bertentangan dengan yang Anda pikirkan. Hal ini sering terjadi apabila presentasi tersebut merupakan hasil dari kerjasama kelompok dan Anda lah yang berperan untuk mengkomunikasikan presentasi tersebut.

Apabila Anda baru memulai berbicara di depan umum, Anda tidak perlu terlalu memikirkannya. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membiasakan diri Anda dengan isi materi pembicaraan atau presentasi Anda. Tapi jika Anda sudah berpengalaman, Anda dapat melakukan improvisasi dengan membicarakan secara jujur apa yang memang Anda mengerti akan hal tersebut dan mengapa poin tersebut ada di presentasi Anda.

Hati-hati dengan PowerPoint

PowerPoint memang adalah hal yang sangat baik untuk membantu Anda mengingat apa yang akan Anda bicarakan dan membantu orang lain mengetahui apa yang sedang Anda bicarakan. Tapi hal paling buruk yang dapat Anda lakukan adalah menulis semua yang ingin Anda bicarakan ke PowerPoint tersebut. Ini akan membuat PowerPoint seperti buku yang membosankan dan bahkan tidak dapat dibaca.

Jika Anda membuat PowerPoint seperti ini lebih baik Anda memberikan sebuah buku ke semua orang dalam ruangan tersebut, kemudian Anda duduk. Buatlah PowerPoint menjadi sebuah media pengingat poin yang akan Anda bicarakan. Isi dari poin tersebutlah tujuan mengapa Anda harus berbicara, jelaskan lebih lanjut isi dari poin tersebut.

Pengalaman adalah satu-satunya obat ketakutan Anda

Tips-tips dan berbagai macam cara untuk dapat berbicara di depan umum dengan baik sangatlah banyak, tapi Anda tidak akan menjadi seseorang yang benar-benar ahli atau berhasil menghadapi ketakutan tersebut hanya dengan membaca cara-cara atau tips tersebut.

Obat terbaik adalah dengan membuat diri Anda terbiasa melalui pengalaman. Mulailah memberanikan diri Anda berbicara di depan umum. Di sini ada 2 pilihan, hadapi hal tersebut dan menjadi lebih baik atau kabur seumur hidup Anda.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda jika kita belajar dari hal tersebut

Jika Anda takut untuk berbicara di depan umum karena Anda takut gagal atau sudah pernah mengalami kegagalan. Ketahuilah bahwa semua orang sukses pernah mengalami kegagalan dan kegagalan tersebut adalah kesuksesan yang tertunda jika kita belajar dari kegagalan tersebut.

Bahkan Seth Godin, seorang entrpreneur, public relation, penulis dan marketing, juga pernah kegagalan tersebut dan ia menyebutnya itu adalah hal paling buruk. Tapi ia kemudian mengatakan bahwa itu hanyalah proses menuju kesuksesannya. Yang ingin dibicarakan di sini adalah jika Anda tidak memiliki sesuatu untuk diperbaiki, maka apakah Anda telah sempurna? Anda gagal berbicara di depan umum, apakah Anda seorang pembicara yang buruk? itu hanya berarti Anda adalah seorang yang tidak memiliki pengalaman dan harus lebih menghabiskan waktu untuk memperbaikinya. [source]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>