Ibu Rumah Tangga Butuh Piknik

Belakangan banyak muncul meme-meme lucu yang menggambarkan akibat jika seseorang terlampau stres setiap hari alias kurang piknik. Dan yang menarik, orang yang digambarkan terlampau stres tersebut bukan pekerja kantoran atau laki-laki super sibuk melainkan para ibu rumah tangga.

Apa sih yang menyebabkan ibu rumah tangga memiliki tingkat stres yang tinggi dan rawan terkena gangguan psikosomatis? Ini Penjelasannya.

1. Pekerjaan ibu rumah tangga tidak pernah ada habisnya

Dari mulai membuka mata hingga menutup mata, pekerjaan seorang ibu rumah tangga tidak pernah ada habisnya. Sebelum seluruh anggota keluarga bangun, ibu sudah bangun untuk memasak atau mencuci. Membangunkan anak untuk sekolah, memandikan, dan menyiapkan sarapan untuk seluruh anggota keluarga. Ketika semua kemudian berangkat untuk beraktivitas, jangan dikira ibu rumah tangga bisa leha-leha, segudang pekerjaan rumah sudah menumpuk di depan mata.

2. Ibu rumah tangga yang memiliki bayi atau balita, tak bisa dibayangkan repotnya

Setelah si sulung berangkat sekolah dan ayah berangkat ke kantor, kerepotan ibu rumah tangga bisa berkali lipat bertambah untuk mengasuh sang bayi atau balita. Keinginan untuk menyapu, mengepel, dan memasak makan siang yang lezat pun bisa buyar jika si kecil menuntut untuk terus digendong atau ditemani nonton film kartun. Tanpa sadar, jam makan siang sudah lewat dan akhirnya masakan yang disajikan pun hanya seadanya.

3. Anggota keluarga lain boleh sakit, ibu rumah tangga dilarang sakit

Jika ibu sakit siapa yang memasak makanan? Seragam kakak belum dicuci, baju kerja ayah belum disetrika, persediaan susu adik habis harus belanja. Siapa yang melakukan itu semua? Biasanya adalah tetap ibu yang melakukan. Jika sakit “hanya” sekedar masuk angin, batuk, atau flu maka akan ditahan untuk memastikan semua kebutuhan keluarga terpenuhi.

4. Hiburan untuk ibu rumah tangga adalah?

Seharian beraktivitas di rumah jangan dikira ibu rumah tangga bisa seharian nonton tv atau tidur siang. Terlebih jika masih mengasuh bayi atau balita tadi. Untuk makan dan mandi saja harus mencuri waktu. Jika si kecil tidur, ibu tidak ikut tidur melainkan segera mengerjakan apa yang bisa dikerjakan sebelum si kecil bangun.

Jadi, jika ditanya apa hiburan untuk ibu rumah tangga? Seluruh anggota keluarga sehat mungkin adalah jawabannya.

Dengan mengetahui betapa berjasanya ibu rumah tangga, betapa bermanfaat apa yang dilakukan ibu rumah tangga untuk keluarga maka berhentilah memandangnya sebelah mata.

Sedikit pelukan hangat dari suami dan anak-anak merupakan oase di tengah kelelahan. Berbaik hatilah dengan mengajaknya jalan-jalan atau memberikan me time untuknya, seperti ke salon atau belanja keinginan yang tertunda.

Jika Anda adalah seorang anak maka mulai perhatikan apa yang ibu Anda lakukan. Jika Anda libur tidak ada salahnya membantu pekerjaan rumah tangga jangan hanya berdiam di dalam kamar atau pergi bersama teman-teman. Kunci keluarga bahagia adalah jika seluruh anggota keluarganya bahagia. [bernas.id]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>