Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkemah di Musim Hujan

Kegiatan berkemah merupakan hal yang paling menyenangkan dilakukan oleh anggota pramuka. Apalagi jika kamu termasuk orang yang suka sekali berkemah hingga tak bisa dilewatkan meskipun saat musim hujan.

Nah, bagi kamu yang memiliki hobi berkemah meskipun saat hujan. Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu berkemah di musim hujan.

Persiapkan semuanya sebelum berkemah

Sebelum berangkat berkemah, kamu harus memperhatikan barang apa saja yang harus dibawa dan harus melakukan apa saja di tempat perkemahan nanti. Bawalah peralatan sesuai kebutuhan ditempat berkemah.

Perhatikan lokasi perkemahan

Sebelum berangkat dan mengambil resiko besar saat berkemah di musim hujan, perhatikan dulu lokasi perkemahan. Kamu bisa memanfaatkan informasi ramalan cuaca yang akan tiba ditempat perkemahan nanti. Jangan memilih tempat yang berbahaya untuk dijadikan lokasi perkemahan.

Bawa tenda yang tepat

Bawalah tenda yang memiliki lapisan anti air sehingga aman jika digunakan berkemah saat hujan. Tenda juga harus memiliki ventilasi yang cukup sehingga tidak akan menimbulkan embun di dalam tenda. Dengan demikian, kondisi barang dan dalam tenda akan tetap aman dari air hujan.

Gunakanlah terpal

Terpal bisa digunakan di atas tenda untuk melindungi tenda dari hujan dan juga di bawah untuk melindungi bagian alas tenda. Meskipun sudah membawa tenda anti air, tak ada salahnya untuk membuat perlindungan tambahan yaitu dengan menggunakan terpal.

Amankan barang bawaan ke dalam kantong plastik

Semua perlengkapan yang kamu bawa harus dimasukan ke dalam plastik. Tujuannya untuk melindungi agar tidak basah saat hujan tiba. Meskipun tenda sudah tertutup rapat, bisa saja air masuk ke dalam tenda dari bawah tenda. Sehingga tak ada salahnya untuk mengantisipasi terkena air dengan menggunakan kantong plastik.

Gunakan bahan pakaian yang tepat

Kita harus menggunakan pakaian yang memiliki bahan yang tepat sehingga nyaman saat digunakan berkemah di musim hujan. Gunakanlah bahan berbahan sintetis dan nilon. Karena bahan ini tidak akan mudah menyerap air. Sehingga badan kita tidak akan mudah basah.

Gunakanlah jas hujan

Saat berkemah, jas hujan lebih cocok digunakan untuk menghindari hujan daripada payung. Selain bisa melindungi badanmu, bisa juga untuk melindungi barang yang dibawa. Dengan menggunakan jas hujan juga akan mempermudah aktivitas kita di lokasi perkemahan.

Waspadai bahaya petir

Sebelum kamu mendirikan tenda, pilihlah tempat yang cocok. Jangan mendirikan tenda di bawah pohon karena ditakutkan akan tumbang saat tersambar petir. Hindari juga mendirikan tenda di puncak karena sangat berbahaya saat ada petir. [scout.id]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>