Games untuk Melatih Kerjasama Anak

Memberikan pemahaman mengenai arti kerjasama pada anak-anak perlu dilakukan sejak usia dini. Melalui contoh-contoh sederhana mereka akan lebih mudah memahami bagaimana manusia selalu membutuhkan bantuan atau pertolongan orang lain. Karena sebagai mahluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, setiap manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain di sepanjang kehidupannya. Ketergantungan antar sesama manusia inilah yang melahirkan kerjasama. Dalam berbagai hal apabila dilakukan secara bersama-sama akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk terselesaikan.

Ada banyak cara untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya kerjasama kepada anak-anak. Selain melalui contoh yang mudah dipahami, juga bisa dengan melibatkan mereka didalamnya baik lewat aktivitas nyata seperti mengajak membereskan mainan, menyiram tanaman, membuat kue, dan sebagainya. Lebih menyenangkan lagi jika mengajarkan kerjasama melalui permainan yang juga melibatkan teman-teman seusia mereka. Ada berbagai permainan untuk melatih kerjasama yang disesuaikan dengan usia anak-anak. Berikut ini permainan yang bisa mengajarkan pentingnya kerjasama

Pipa Lines

Cara bermain dalam permainan ini adalah memindahkan bola dari start ke sebuah tempat yang telah disediakan dengan menggunakan pipa yang sudah dibelah. Untuk sampai ke tempat penampungan bola, setiap peserta harus menggerakkan bola sambil mencegahnya agar tidak jatuh. Manfaat permainan ini adalah mengajarkan ketepatan dalam tindakan, konsentrasi, komunikasi dengan teman, serta mendisiplinkan diri agar bersikap jujur. Games bola pipa yang masih tergolong mudah ini bisa diikuti oleh anak-anak usia TK hingga SD. Semakin besar usia anak juga akan menentukan tingkat kesulitan permainannya.

Kapal Pecah

Bahan yang digunakan dalam permainan ini sederhana yakni beberapa lembar koran bekas atau terpal. Bahan dibagikan kepada kelompok yang sudah dibentuk dengan jumlah anggota sama. Biasanya permainan kapal pecah diikuti oleh 5-10 orang di setiap kelompoknya. Selanjutnya trainer memberikan penjelasan bahwa koran bekas atau terpal yang sudah dibagikan diibaratkan sebagai kapal dimana setiap anggota kelompok harus berdiri diatasnya. Lalu trainer memberikan instruksi kapal tersebut pecah sehingga anggota kelompok harus melipat alas yang mereka injak menjadi dua dan seluruh anggota harus kembali naik diatasnya. Begitu seterusnya hingga koran bekas atau terpal dilipat menjadi bagian paling kecil yang tetap bisa memuat semua anggota kelompok. Permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak usia SD ini berguna untuk melatih keseimbangan dan kebersamaan, rela berkorban, serta mengajarkan rasa solidaritas dan kepercayaan dengan teman.

Dragon Ball

Permainan ini bisa dimainkan oleh semua usia termasuk anak-anak mulai usia TK. Peserta yang sudah terbagi dalam kelompok, memasukkan air ke dalam pipa berlubang yang berisi bola. Karena terdapat banyak lubang pada pipa, air pasti akan keluar kembali melalui lubang tersebut. Tugas peserta lain yang harus menutup lubang-lubang itu dengan tangan agar air dapat cepat penuh dan bola bisa keluar. Dragon ball berguna untuk melatih kekompakkan saat bekerja sama, belajar bertanggung jawab pada tugas masing-masing serta rela berkorban.

Tarik Tambang Lumpur

Permainan yang melatih kerjasama team, kekompakkan, konsentrasi dan tanggung jawab satu sama lain ini dimainkan seperti tarik tambang biasa. Hanya yang membedakan adalah permainan dilakukan di dalam lumpur sehingga tantangan untuk menjaga keseimbangan menjadi lebih besar. Selain itu setiap anak juga dapat belajar berani dengan keadaan kotor dan bau dari lumpur. Tarik tambang lumpur bisa dimainkan oleh anak-anak mulai dari kelas 5 SD.

Kebanyakan games atau permainan yang melatih kerjasama juga bisa dimainkan oleh hampir semua kelompok umur. Hanya tingkat kesulitan dan peraturan di setiap permainan yang membedakan antara anak-anak, remaja maupun dewasa. Mengajarkan pentingnya kerjasama mulai usia dini akan bermanfaat bagi kehidupan anak-anak ketika beranjak remaja dan dewasa. Kelak mereka bisa lebih peduli dengan orang lain serta lingkungan sekitarnya. [sumber]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>