Filosofi Pelangi – Nampak Indah karena Adanya Banyak Warna

Pelangi, suatu jajaran warna yang indah yang diakibatkan oleh pembiasan sinar matahari oleh rintik-rintik air hujan. Pelangi sering kita lihat setelah turun hujan. Memberikan warna tersendiri di langit sehingga nampak begitu indah. Langit yang awalnya gelap karena adanya hujan. Menjadi terhiasi karena warna-warni yang telah dihasilkannya. Setiap orang tentu lebih sepakat jika menganggap pelangi itu adalah suatu kumpulan warna yang indah. Bukan sebagai cahaya biasa yang tidak nampak istimewa. Bahkan diri kita tentunya pernah menggambar pelangi waktu kita sekolah dulu. Kita menggambarnya dengan penuh antusias, membuat lengkungan lalu kita hias dengan warna merah, kuning dan hijau.

Pelangi itu mempunyai filosofi yang bisa memberikan pelajaran bagi diri kita. Pelajaran berharga tentang keberagaman dan kesatuan antara berbagai perbedaan. Pelangi itu indah karena memiliki banyak warna, pelangi itu indah karena memiliki warna merah, kuning dan hijau. Bahkan memang tidak hanya sekadar tiga warna itu saja. Namun pelangi memiliki banyak warna. Hanya saja karena kita dari kecil sudah mendengarkan lagu tentang pelangi yang mengungkapkan bahwa pelangi itu warnanya adalah merah, kuning, hijau di langit yang biru. Begitulah kiranya warna pelangi yang sering kita lihat. Pelangi nampak indah dengan beberapa warna yang dimilikinya. Warna-warna itu tampak berpadu, bukan saling mengalahkan antar satu warna dengan warna yang lain. Hal itu mengajarkan pada kita bahwa hidup ini harusnya mau menerima berbagai perbedaan. Dengan perbedaan itulah malah hidup bisa menjadi indah. Kita harus menerima berbagai keberagaman, dengan keberagaman itu bisa dipadukan agar membentuk sebuah kebhinekaan yang nampak harmoni.

Andai saja pelangi itu hanya mempunyai satu warna saja. Memang pelangi akan nampak begitu mencolok di langit dengan satu warnanya. Namun satu warna itu tidak nampak begitu indah, jika dibandingkan dengan banyaknya warna pelangi yang sering kita lihat pada saat ini. Allah Ta’ala menciptakan pelangi dengan barisan warna yang berpadu itu tentu bisa membuat diri kita berpikir pula. Seperti itulah perbedaan yang harusnya bisa menjadi sebuah keindahan. Bukan tentang saling menjatuhkan. Bukan tentang saling memusuhi, bukan pula saling menganggap kelompoknya yang paling benar. Kemudian menganggap kelompok orang lain adalah kelompok yang salah.

Kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keberagaman yang sangat besar ini. Mempunyai keberagaman suku, ras, agama dan kebudayaannya. Inilah sumber keindahan yang bisa menjadikannya seperti indahnya pelangi. Suatu anugerah yang tidak setiap negara di dunia ini punyai. Seharusnya bangsa ini akan selalu menjadi bangsa yang begitu indah dengan kebhinekaannya. Tidak saling menjatuhkan satu sama lain antar kelompok yang berbeda. Entah apapun itu perbedaannya. Saling menghargai dan saling menghormati. Bersatu padu menjadi pelangi yang indah. Sebuah kesatuan warna yang berbeda-beda namun disukai banyak orang.

“Begitulah pelangi mengajarkan kepada kita, hidup indah itu tidaklah harus mencolok dengan satu warna. Namun pelangi itu nampak begitu indah karena memiliki beragam warna.” [source]

Ciptakan warna-warna pelangi dalam liburanmu hanya di Agrowisata Amanah.

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>