9 Tips Camping untuk Pemula Agar Efektif, Asyik, dan Menyenangkan

Baru pertama kali camping? Bingung mau ngapain? Apa saja yang harus dibawa dan dipersiapkan?

Begitulah kira-kira kegalauan bagi mereka para campinger pemula.

Para campinger pemula yang memang pertama kali melakukan aktivitas tidur dialam terbuka, akan merasa direpotkan dalam mempersiapkan segala keperluan yang berkaitan dengan camping. Banyak hal menjadi pertimbangan. Mulai dari peralatan apa yang harus dibawa, makanan apa yang harus dimakan, aman atau tidak di lokasi camping, situasi malam yang mencekam, dan berbagai pertimbangan lainnya.

Tips camping pemula ini disajikan dalam rangka memandu mereka yang memang ingin merasakan suasana perkemahan atau camping untuk pertama kalinya.

Goalnya adalah dengan beberapa tips camping ini, mereka para pemula akan dapat merasakan betapa seru dan asyiknya melakukan aktivitas camping di alam terbuka. Apalagi jika camping bareng teman dan keluarga. Banyak sekali manfaat dari camping yang bisa kita dapatkan dengan catatan tau ilmu dan tips dalam berkemah.

Cukup 9 Tips Camping Saja!

Berikut ini adalah beberapa tips camping yang dapat Anda jadikan referensi dalam kegiatan camping yang asyik dan menyenangkan.

Pilih teman camping #1 Bersama siapa Anda akan camping atau berkemah?

Yups, kalo berkemah nggak boleh sendiri ya. Apalagi pemula. Usahakan pormasi camping itu minimal bertiga jang sampe kurang. Kenapa? Ini merupakan standar keselamatan yang wajib dipenuhi dan ditaati.

Gunanya adalah, jadi jikalau ada sesuatu terjadi yang tidak diinginkan, dapat segera ditangani dengan bekerjasama antar anggota camp.

Misalnya saja, salah satu teman kita terjatuh di lokasi camping, maka teman yang lainnya dapat segera membantunya.

Tentukan lokasi #2 Dimana Tempat Camping Anda?

Pastinya dong ya. Masa iya mau camping tapi nggak tau tempat yang akan dijadikan untuk lokasi camping.

Untuk hal ini Anda dapat mencoba beberapa Buper (Bumi Perkemahan) yang berada dekat dengan daerah sekitar Anda jika Anda. Mengapa? Itu karena Anda pemula, hehe… tapi nggak gitu juga sih. Untuk tempat camping, Anda bersama teman atau keluarga dapat menentukan lokasi camping yang diinginkan.

Banyak sekali tempat camping ground di daerah sekitar Jakarta, Bogor, Bandung, Cianjur, dan Sukabumi yang bisa Anda pilih. Salah satunya Anda dapat mencobanya di Cibodas.

Tempat camping ini terletak di kaki gunung Gede Pangrango. Tempat dan suasana disini masih sangat alami. Disini terdapat danau, jungle track, air terjun, hutan, pepohonan tinggi dan kekayaan fauna seperti monyet, burung elang, rusa, tupai dan lain-lainnya. Sangat cocok untuk kegiatan camping bersama teman dan keluarga, bahkan camping sekolah dan kegiatan pramuka.

Lama waktu camping #3 Berapa lama kita akan camping atau berkemah

Ini penting ya, jangan sampai kita tidak menargetkan lamanya waktu kita berkemah. Kenapa? Karena ini nanti berhubungan dengan jumlah logistik dan perbekalan yang akan kita bawa.

Dengan menentukan lamanya waktu camping, kita bisa memperkirakan jumlah perbekalan yang harus kita bawa. Sehingga dapat menghindari kondisi kekurangan atau kelebihan logistik.

Siapkan peralatan camping #4 Peralatan apa saja yang diperlukan?

Setelah kita menentukan lama waktu camping, selanjutnya adalah menyiapkan alat tempur (peralatan camping) yang diperlukan.

Peralatan camping ini biasanya berupa tenda, sleeping bag, dan matras. Item-item tersebut adalah peralatan dasar dalam berkemah.

Untuk tenda pilihlah yang tenda yang praktis tapi nyaman dan kuat seperti tenda dome. Mau yang besar atau kecil disesuaikan dengan kebutuhannya ya. Yang terpenting adalah nyaman dan kuat dari serangan hujan (anti hujan) dan angin.

Untuk sleeping bag, cukup yang standar saja. Yang terpenting dapat menghangatkan kita pada waktu tidur di malam hari.

Dan untuk matras biasanya dari bahan spon karet yang empuk. Standarnya sih seperti yang sering digunakan oleh para tentara yang suka digulung itu lo.

Siapkan perlengkapan logistik #5 Perbekalan apa saja yang perlu dibawa

Untuk perbekalan atau logistik bawalah sesuai kebutuhan yang disesuaikan dengan lamanya waktu kita berkemah. Beberapa perbekalan yang harus disiapkan antara lain makanan berat seperti nasi, makanan kecil, air minum, korek api, pisau kecil, lampu senter, sepatu hiking, ransel, baju ganti, baju hangat, kaos kaki, alat mandi, alat masak, sarung tangan hangat, kupluk (topi hangat), P3K jika perlu, dan obat-obatan pribadi seperti obat luka (betadin), kapas, dan minyak kayu putih.

Buat jadwal rencana kegiatan #6 Apa saja yang akan dilakukan selama camping

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kegiatan perkemahan. Dari sekian banyaknya itu buatlah jadwal rencana kegiatan selama perkemahan berlangsung.

Jadwal rencana ini sangat penting untuk dibuat dan disusun. Tujuannya adalah agar kegiatan camping kita berjalan sempurna, teratur, asyik dan menyenangkan. Buatlah mulai dari tempat dan waktu keberangkatan, waktu dilokasi, sampai dengan waktu pulang kembali ke rumah.

Beberapa contoh kegiatan yang bisa Anda lakukan selama camping diantanya adalah kegiatan outbound, masak-memasak, hunting foto, menjelajah keadaan alam sekitar (hutan, air terjun, danau, sungai), api unggun di malam hari, kapan tidur, kapan bangun, barbeqeu, dan masih banyak lagi.

Lalu buatlah durasi waktu dari setiap kegiatan yang akan dilakukan.

Perkirakan Cuaca #7 Bagaimana kira-kira cuaca pada hari H

Tak kalah pentingnya adalah perkirakan cuaca pada hari keberangkatan. Dengan mengetahui cuaca kita dapat melakukan antisipasi dari sejak awal ketika cuacanya memang tidak kita harapkan, seperti hujan.

Tapi sebenarnya hujan itu tidak menajdi soal untuk masalah camping. Asalkan kita sudah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi seperti misalnya menyiapkan jas hujan, payung, pakaian hangat, makanan dan minuman hangat, dan lain-lain. Hujan atau pun kemarau kegiatan camping tetap menyenangkan.

Jangan Serba Dibawa #8 Bawa yang penting-penting saja

Tips berikutnya adalah, jangan serba dibawa. Sesuaiakan perbekalan secukupnya dan peralatan yang diperlukan saja. Tidak penting atau tidak ada hubungannya dengan camping jangan dibawa. Jika perlu jangan bawa smartphone. Ingat tujuan dari camping adalah agar lebih bisa berinteraksi dengan alam bukan dengan dunia maya. Apalagi bawa PS buat tanding bola, hehehe.

Tips paling akhir #9 Camping dengan Paket Camping

Tips terakhir dan tips paling efektif diantara tips lainnya adalah camping dengan paket camping. Keren kan? Selaesai deh masalah camping pemula dengan tips pamungkas ini.

Bagaimana tidak? Kalo dengan paket camping mah semuanya komplit. Anda hanya perlu membawa keperluan pribadi saja. Beres!

Baiklah, demikian 9 tips untuk para campinger pemula. Semoga mencerahkan dan tidak galau lagi saat nanti mau camping. [sumber]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>