7 Cara Bermain Sambil Olahraga bagi Ayah dan Anak

Bermain bersama si kecil adalah salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama dan merupakan wujud kasih sayang Ayah. Bermain secara aktif bermanfaat bagi perkembangan kemampuan fisik, kognitif, emosional, kreativitas, dan imajinasinya. Tidak hanya itu, pada beberapa permainan atau olahraga, anak dapat dilatih untuk bekerja sama dalam satu tim. Hal ini penting untuk kebutuhan sosial anak dan belajar bekerja bersama.

Tentu Ayah ingin mendukung tahap perkembangan tersebut, bukan? Sayangnya, masih ada ayah yang bingung bagaimana cara bermain bersama anaknya. Padahal, berolahraga yang merupakan hobi kebanyakan pria, adalah salah satu cara bermain yang mengasyikkan bersama anak. Baik beradu menendang bola ataupun balapan lari, tentu hal tersebut akan menjadi kegiatan bermain yang menyenangkan bagi si kecil. Berikut ini berbagai hal dan tips yang dapat dilakukan Ayah dan anak untuk menciptakan kegiatan olahraga yang mengasyikkan bersama.

Berjalan-jalan

Berjalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang bisa Ayah lakukan bersama si kecil. Ajaklah ia berjalan-jalan di taman sambil mengenalkannya pada lingkungan dan alam sekitar. Cara ini juga bisa mendukung perkembangan kecerdasan naturalis anak, karena memberinya kesempatan untuk mempelajari berbagai makhluk hidup dan keunikan alam di sekitarnya. Menari Hidupkan musik dan menarilah bersama si kecil. Anak-anak umumnya suka menari, terutama jika orang tua ikut melakukannya. Selain menyehatkan tubuh, kegiatan menyenangkan ini juga dapat membantu melatih kecerdasan kinestetik anak.

Senam

Olahraga senam cukup sederhana serta dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Hanya dengan menyalakan video, lalu menirunya bersama anak. Agar lebih seru, Ayah dapat mengajak seluruh anggota keluarga, teman main si kecil, atau tetangga. Ayah sebagai instruktur, dan yang lain mengikuti gerakannya. Anak-anak pasti semakin termotivasi apabila dilakukan bersama.

Naik sepeda

Jika si kecil belum mahir bersepeda, ajaklah ia bermain sepeda roda tiga, sementara Ayah mendorongnya dari belakang sambil sesekali berlari ringan, memutari, dan mengajaknya ngobrol. Si kecil pasti senang dan tertawa melihat tingkah Ayah. Bentuk kasih sayang Ayah juga bisa ditunjukkan dengan kesabaran mengajari si kecil mengendarai sepedanya sendiri.

Berenang

Air adalah hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Maka dari itu, ajaklah si kecil bermain di dalam air dan berenang dengan rutin. Cara bermain ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas sistem vestibularnya (sistem tubuh yang berperan dalam mengatur keseimbangan tubuh). Tapi ingat, selalu awasi si kecil saat ia bermain di kolam, ya.

Bermain dengan alat bantu olahraga

Aneka bola, tali karet, frisbee, hula hoop, dan alat olahraga lain yang aman bisa Ayah coba mainkan bersama si kecil untuk memberikan ragam pengalaman berolahraga dan bermain. Atau untuk anak-anak yang lebih kecil (toddler) bisa dimulai dengan alat bantu olahraga yang berupa mainan yang sesuai dengan umur anak, seperti golf mini, panahan mini, dan banyak lagi. Mungkin mereka belum mengerti benar konsep dari permainannya, tapi dengan bermain otomatis mereka sudah berlatih motorik dan menghabiskan waktu bersama Ayah.

Permainan tradisional

Ternyata beragam permainan tradisional yang mengeluarkan biaya sangat minim ini, dapat mengajak Ayah dan anak berolahraga juga, lho! Contohnya bermain layang-layang, balap karung, tarik tambang, ‘jaga benteng’, atau lompat tali. Sederhana tapi memberi manfaat kebersamaan dan bergerak sehingga melatih motorik anak. Saat berolahraga bersama si kecil, usahakanlah untuk selalu posisikan diri Ayah sebagai teman yang membantunya belajar, membantu memperbaiki, dan meningkatkan keterampilan fisiknya. Hindari sikap menggurui dan utamakan kebersamaan sebagai bentuk kasih sayang Ayah yang tulus. Dengan demikian, anak akan menikmati aktivitas bermainnya sehingga ia dapat mempelajari keterampilan baru bersama Ayah. Selamat menikmati kegiatan berolahraga bersama si kecil! [source]

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:
(0271) 6901055
(0271) 6980006
081 329 206 869

Email:
[email protected]

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>