6 Cara Menjaga Kecantikan Ala Islam, Ngga Perlu Kosmetik!

Rasanya, tak ada wanita di dunia ini yang ingin tampil jelek. Oleh karenanya, menjaga kecantikan adalah bagian yang tak bisa dilepaskan dari pola hidup kaum Hawa. Jika dulu ramuan-ramuan tradisonal menjadi andalan, maka di era modern seperti saat ini mengunjungi klinik kecantikan banyak jadi pilihan.

Tapi sebenarnya, merawat kecantikan pun bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana yang bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Seperti yang diajarkan dalam agama Islam misalnya. Kalau mau mencoba dan menerapkannya, kamu tak perlu bergantung lagi pada berbagai macam kosmetik yang terkadang mengandung bahan-bahan berbahaya itu. Oh ya, tips-tips berikut ini juga bisa diterapkan oleh para lelaki loh!

1. Tidak makan secara berlebihan

Hindari makan secara berlebihan
Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk tidak makan berlebihan agar terhindar dari penyakit. Menurut ajaran Islam, komposisi terbaik untuk tubuh adalah sepertiga berisi makanan, sepertiga lagi berisi air dan sepertiga sisanya ruang untuk napas atau udara. Dengan tubuh yang senantiasa sehat, tentunya kecantikan akan turut menyertai.

2. Makan pelan-pelan

Makanlah dengan pelan-pelan untuk membantu kerja alat pencernaan
Selain tidak makan berlebihan, Nabi juga menyuruh kita makan dengan perlahan untuk membantu proses pencernaan sehingga kinerja alat pencernaan tidak membutuhkan banyak energi saat mengolah makanan. Selain itu, perlu waktu 20 menit bagi tubuh untuk memberi tahu otak bahwa kita sudah kenyang. Itulah sebabnya Nabi meminta kita untuk berhenti makan sebelum kenyang.

3. Rutin berolahraga

Memakai hijab tak berarti menghalangi seseorang untuk bisa berolahraga, bahkan hingga tingkat internasional sekalipun. Olahraga dianggap penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Apalagi, Islam mendorong pemeluknya untuk selalu berada dalam kondisi fisik yang baik. Mereka yang secara fisik lebih sehat akan lebih aktif dan energik dalam melaksanakan ibadah serta lebih berpeluang besar untuk turut peduli terhadap kebutuhan orang lain.

4. Salat dan tidur cukup

Salat membantu tubuh mendapatkan hak-haknya untuk sehat
Setiap muslim paham bahwa salat adalah sebuah kewajiban. Menurut sebuah hadis sahih, Nabi telah mengatakan bahwa sesungguhnya ada obat dalam salat yang bisa memberikan manfaat fisik bagi mereka yang menjalankannya, mulai dari meningkatkan aliran darah ke berbagai organ vital hingga menghubungkan bermacam-macam sendi dalam tubuh.

Tidur di awal malam dan bangun pagi-bagi bermanfaat bagi kesehatan
Selain itu tidur yang cukup juga amat dianjurkan. Waktu yang direkomendasikan adalah tidur di bagian awal malam, dan bangun pagi-pagi. Menurut penelitian, tidur lebih awal bisa membantu menjaga berat badan yang sehat, tetap lebih produktif, dan menghindari masalah kesehatan yang serius (seperti diabetes, kegemukan, dan penyakit jantung). Tubuh jadi segar bugar, sehat, dan pastinya kecantikan tetap terjaga.

5. Berpuasa

Berpuasa memang baik bagi kesehatan, tapi jangan sampai berlebihan dalam berbuka puasa dan memakan banyak makanan.
Sudah sejak lama penelitian mengungkapkan bahwa puasa bisa membawa kebaikan bagi tubuh. Oleh karenanya, menjalankan puasa sunah di hari-hari biasa juga dianjurkan dalam agama. Selain meraih pahala, puasa juga membuat tubuh terlindung dari berbagai penyakit yang mungkin masuk lewat makanan. Kita juga jadi berlatih menahan diri dari berbagai godaan, termasuk dari emosi. Dengan menahan diri itulah kita jadi terlihat ceria dan murah senyum, bukan?

6. Berwudhu

Berwudhu menghindarkan kita dari berbagai kotoran yang menempel sekaligus sebagai penyejuk batin.
Wudhu tak hanya menjadi ritual sebelum menjalankan salat, namun juga punya fungsi untuk menyejukkan batin manusia dan membersihkan fisiknya dari berbagai kotoran yang menempel. Barangsiapa bersih dari najis dan kotoran tentu akan terlihat indah dan cantik, bukan?

Pada dasarnya, tips yang telah kamu baca ini berkaitan pada kesehatan. Bagaimanapun juga, seseorang tidak akan terlihat cantik menawan jika ia dalam keadaan tidak sehat, bukan? Nah, selamat mempraktikkannya dalam kegiatan sehari-hari. Sumber

Lokasi : Jl. Raya Tawangmangu Km. 34 Srandon, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Telepon:

(0271) 6901055

(0271) 6980006

081 329 206 869

Email:

agrowisata.amanah@gmail.com

Amanah

Author Since: 25 / Jan / 2016

About Author

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>